Sondag 07 April 2013

CARA MEMILIH NASABAH DAN CARA PENGAJUAN


TIPS MEMILIH PERUSAHAAN PEMBIAYAAN ( LEASING ) 
SEPEDA MOTOR/MOBIL

Pastikan perusahaan leasing dimana Anda mengajukan pinjaman adalah anggota Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI/IFSA).
Pengajuan pinjaman sesuai kebutuhan dan kemampuan membayar angsuran.
Pilih cara perhitungan bunga yang paling murah termasuk ketentuan pinalti apabila pinjaman dilunasi lebih cepat.
Carilah pinjaman yang dicover asuransi sehingga Anda tidak perlu membayar sisa pinjaman apabila kendaraan yang dijaminkan hilang dicuri  atau mengalami kerusakan sampai dengan 75%.
Cara pembayaran angsuran yang fleksibel, bisa langsung datang ke kantor leasing, melalui bank, kantor pos atau tempat-tempat pembayaran yang lain.
BPKB langsung diterima saat pinjaman dilunasi tepat waktu atau dipercepat. Apabila BPKB dijaminkan ke bank perlu ditanyakan bank mana yang menyimpan dan perlu berapa hari untuk proses pengambilannya. Untuk pengambilan BPKB apakah masih dikenakan biaya.
Pada saat perpanjangan STNK Anda diberi keleluasaan untuk mengurus  sendiri (dengan Surat Keterangan dari leasing) atau diuruskan oleh perusahaan leasing. (Sumber GK)

HOME
PROSEDUR PEMBERIAN PINJAMAN DI BANK DAN PERUSAHAAN PEMBIAYAAN ( MULTI FINANCE )

Dalam menyalurkan kreditnya setiap bank dan perusahaan pembiayaan dipastikan akan melakukan analisa kelayakan terhadap calon nasabahnya. Hal yang dianalisa biasanya menyangkut kelayakan dari sisi permodalan (capital), karakter (character), kapasitas usaha/mengangsur (capacity), jaminan (collateral), dan kondisi perekonomian pada umumnya (condition) atau 5C. Yang menjadi perbedaan mungkin hanya terletak dari bagaimana aspek yang diprioritaskan serta persyaratan yang ditetapkan sesuai pertimbangan masing-masing bank/perusahaan pembiayaan. Secara umum prosedur pemberian kredit dapat dijelaskan sbb : 
Pengajuan berkas-berkas, antara lain : KTP, KK, Surat Nikah - Jaminan (BPKB, sertifikat, dll) - Rekening Tabungan/Koran - Laporan Keuangan - Dll. 
Penyelidikan berkas pinjaman, antara lain meliputi kelengkapan, masa berlaku, dll. 
Wawancara I, antara lain mengenai jenis fasilitas kredit yg akan diajukan, jumlah, keperluan, dll. 
Survey Lapangan, antara lain meliputi : - Survey usaha - Survey jaminan - Survey relasi usaha (trade checking) - Survey lingkungan 
Wawancara II, antara lain meliputi jumlah kredit yg dapat diproses, tambahan persyaratan, dll.;
Keputusan Kredit – disetujui atau ditolak 
Penandatangan akad kredit/perjanjian lainnya
Realisasi kredit/Pencairan 
Penyaluran/penarikan 
Bagi nasabah bank yang pengajuan kreditnya disetujui akan dikenakan biaya-biaya provisi, administrasi, notaris dan asuransi yang besarnya tergantung ketentuan masing-masing bank. Di perusahaan pembiayaan biaya-biaya tersebut juga dikenakan namun biasanya dijadikan sebagai pokok pinjaman sehingga akan semakin memperbesar jumlah angsuran yang harus dibayar setiap bulannya. (Sumber GK)
HOME
KETENTUAN BANK INDONESIA ( BI ) TENTANG UANG MUKA KREDIT SEPEDA MOTOR, MOBIL DAN RUMAH 

Perusahaan multifinance dan perbankan kini tak bisa lagi memberikan pembiayaan dengan down payment yang sangat murah. Bank Indonesia telah membuat aturan baru yang mengatur mengenai DP pembiayaan.
"Dalam rangka meningkatkan kehati-hatian Bank dalam pemberian Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) serta untuk memperkuat ketahanan sektor keuangan, Bank Indonesia mengatur besaran Loan To Value (LTV) untuk KPR dan Down Payment (DP) untuk Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)," kata Direktur Direktorat Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat Bak Indonesia, Dody Budi Waluyo dalam rilis resminya, Jumat (16/3/2012).
Ketentuan ini tertuang dalam Surat Edaran Bank Indonesia No.14/10/DPNP tanggal 15 Maret 2012 tentang Penerapan Manajemen Risiko pada Bank yang Melakukan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah dan Kredit Kendaraan Bermotor.
Rasio LTV, yakni angka rasio antara nilai kredit yang dapat diberikan oleh Bank terhadap nilai agunan pada saat awal pemberian kredit, ditetapkan maksimal 70 persen.
Ruang lingkup KPR yang dimaksud meliputi kredit konsumsi kepemilikan rumah tinggal, termasuk rumah susun atau apartemen namun tidak termasuk rumah kantor dan rumah toko, dengan tipe bangunan lebih dari 70 m2. Pengaturan mengenai LTV dikecualikan terhadap KPR dalam rangka pelaksanaan program perumahan pemerintah.
Sementara itu, untuk DP bagi KKB ditetapkan antara lain untuk roda dua minimal DP sebesar 25 persen, roda empat minimal DP 30 persen, dan roda empat atau lebih untuk keperluan produktif minimal DP 20 persen. (Dikutip dari TRIBUNNEWS.COM edisi Jumat, 16 Maret 2012)


HOME
5 KIAT AGAR MAHASISWA KELAK MAMPU KPR

KOMPAS.com — "Waktu adalah uang". Demikian ungkapan yang sudah akrab di telinga kita. Ya, memang semakin lama waktu yang ditempuh, semakin mahal pula biaya yang dikeluarkan. Artikel kali ini kami fokuskan kepada mereka para mahasiswa di Indonesia bahwa selain target kelulusan dan gelar akademis yang harus dicapai, alangkah bijaknya jika mahasiswa mulai berpikir untuk melakukan investasi agar dapat memiliki rumah jika kelak telah lulus dan mulai bekerja. Selengkapnya ....


HOME
INI MODUS PENIPUAN KEJAHATAN PERBANKAN BERIKUT CARA MENGHINDARINYA

Kemajuan teknologi berdampak positif pada mudah dan cepatnya melakukan transaksi perbankan. Saat ini seluruh nasabah dapat melakukan transaksi perbankan dimana saja dan kapan saja, melalui internet (e-banking), telepon selular (m-banking), telepon (phone banking), ataupun lewat sms (sms-banking). Di satu sisi, hal ini dapat memudahkan masyarakat dalam menentukan pilihan transaksi keuangannya, tetapi di sisi lain dapat membuka peluang terjadinya penyalahgunaan. Bank Indonesia (BI) memberikan beberapa modus operandi kejahatan perbankan dan cara menghindarinya. 

"Agar anda terlindungi dalam melakukan transaksi perbankan, pastikan Anda mengetahui beberapa modus operandi kejahatan perbankan," ungkap BI dalam situsnya seperti dikutip detikFinance, Minggu (24/6/2012). 
Penipuan lewat telepon Dilakukan oleh pelaku kejahatan dengan menelepon Anda dan mengabarkan Anda mendapat hadiah, keluarga mengalami musibah atau menyatakan minat atas barang yang Anda iklankan. Berdasarkan hal tersebut si penelepon akan memandu Anda untuk menuju ATM dan menuntun Anda mengikuti instruksi penelpon. Cara Menghindarinya Cek dahulu identitas penelepon. Segera tutup telepon dan lakukan pengecekan atas informasi yang Anda terima. Pada umumnya perusahaan penyelenggara undian tidak meminta pemenang untuk mentransfer sejumlah dana kepada perusahaan penyelenggara. Jika Anda menerima telepon yang mengabarkan bahwa keluarga Anda mengalami musibah, jangan panik dan jangan mengikuti perintah penelepon. Tanyakan indentitas penelepon dan lakukan pengecekan. Jika Anda memasang iklan untuk menjual atau menyewakan aset Anda, hati-hati terhadap penelepon yang sangat mudah untuk setuju dengan harga yang Anda tawarkan kemudian berjanji untuk mentransfer sejumlah uang sebagai ”tanda jadi atau uang muka”. Jangan terlena oleh kata-kata si penelepon apalagi jika kemudian Anda diminta untuk menuju ATM untuk mengecek saldo Anda. Segera tutup telepon Anda untuk menghindari dari penipuan semacam ini. 
Penipuan lewat email Ada kalanya Anda menerima email yang seolah-olah berasal dari bank dan kelihatannya asli. Dalam modus ini pelaku kejahatan meminta Anda memasukkan nomor rekening, dan nomor PIN. Cara lainnya adalah membuat website alamat bank Anda yang seolaholah asli tetapi sebenarnya adalah website palsu. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor rekening dan nomor PIN Anda dalam website ini dengan ”alasan” untuk pengkinian data pribadi Anda. Cara Menghindarinya Jangan pernah membalas email yang meminta Anda memasukkan nomor rekening (atau user-id) dan nomor PIN. Tidak mungkin bank Anda meminta data pribadi melalui email karena bank sudah memiliki informasi tersebut. Jika Anda masuk ke website bank Anda untuk melakukan transaksi perbankan, pastikan alamat website Anda sudah benar dan Anda memiliki prosedur keamanan tambahan seperti token, disamping user-id dan password. 
Penipuan melalui penawaran investasi dengan imbalan bunga yang sangat tinggi. Dalam modus ini suatu perusahaan menawarkan investasi dengan janji akan memberikan imbal hasil yang sangat tinggi. Berhati-hatilah dengan penawaran seperti ini karena terdapat sejumlah penawaran yang terbukti tidak dapat memenuhi imbal hasil sebagaimana dijanjikan. Cara Menghindarinya Tanyakan pada diri Anda apakah memang wajar imbalan bunga yang sangat tinggi atas investasi Anda. Lakukan pengecekan terlebih dahulu atas kredibilitas perusahaan yang menawarkan investasi. Yakinkan Anda terlindungi dari sisi hukum sebelum memutuskan untuk melakukan suatu investasi. 
Penipuan dengan menggunakan kartu kredit di Internet Sekarang ini semakin banyak toko atau merchant yang menawarkan produk dan jasa melalui telepon ataupun internet, dengan kemudahan pembayaran menggunakan kartu kredit. Anda hanya diminta untuk menyebutkan nomor kartu kredit, masa berlaku (expiry date) dan 3 (tiga) digit kode rahasia yang tertera di bagian belakang kartu kredit Anda dan transaksi pun terlaksana. Cara Menghindarinya Pastikan Anda mengerti tentang produk dan jasa yang ditawarkan dari toko atau merchant tersebut, serta memahami tentang syarat & ketentuan dari barang atau jasa yang ditawarkan. Jangan berikan nomor kartu kredit, masa berlaku dan 3 (tiga) digit kode rahasia yang terletak di bagian belakang kartu kredit Anda, kepada siapapun sebelum Anda menyetujui manfaat produk dan jasa yang ditawarkan.
Pemalsuan nomor telpon call center bank Anda Dalam modus ini pelaku kejahatan membuat seolah-olah mesin ATM bank Anda rusak dan kartu Anda tertelan. Karena panik, Anda tanpa sadar akan menghubungi nomor call center ”palsu” yang ada di sekitar mesin ATM. Kemudian Anda akan diminta penerima telepon untuk menyebutkan nomor PIN dan dijanjikan bahwa kartu ATM pengganti akan segera dikirimkan. Dengan berbekal PIN dan kartu Anda, pelaku kejahatan akan mengambil uang Anda. Cara Menghindarinya Catat nomor telepon 24 jam dari bank dimana Anda menjadi nasabah. Jika Anda menghubungi nomor tersebut, pada umumnya Anda akan dijawab oleh mesin penjawab otomatis dan diminta untuk memasukkan pilihan jasa tertentu. Anda dapat memilih menu yang langsung terhubung dengan bagian pelayanan nasabah. Jangan pernah memberikan nomor PIN karena bank tidak akan pernah meminta nomor PIN nasabahnya. 
CARA MENGHINDARI KEJAHATAN PERBANKAN 

Pastikan Anda mengetahui nomor call center bank Anda. Jangan memberikan nomor kartu atau masa berlaku atau tiga angka terakhir di belakang kartu kredit kepada merchant yang tidak Anda ketahui. Jangan berikan nomor PIN Anda kepada siapapun termasuk kepada petugas bank ataupun orang terdekat Anda. Jangan memberikan kartu kredit atau kartu ATM Anda kepada pihak lain karena bank tidak pernah meminta kembali kartu Anda. Apabila Anda mengembalikan kartu kepada bank, pastikan kartu telah Anda potong. (Sumber : Bank Indonesia)
- See more at: http://www.galerikredit.co.id/tips#sthash.UY4qYrrw.dpuf

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking